Loading

Uji Boraks Bakso

boraks
Jika kita mendengar kalimat boraks maka yang langsung terlintas di pikiran kita adalah bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan makanan. Memang betul borak dapat membuat makanan menjadi tahan lama tetapi kandungan kimianya yang terkandung didalam borak sangat berbahaya untuk tubuh manusia bahkan menyebabkan kematian. Sayangnya masih banyak pengusaha kuliner  yang masih memanfaatkan borak untuk memperoleh keuntungan yang besar. Mereka beralasan penggunaan borak dengan tujuan menghilangkan kerugian bila makanan mereka tidak habis terjual. Padahal borak sendiri sebetulnya umumnya digunakan sebagai bahan tekstil.


Boraks Pada Bakso

Untuk bakso sendiri, hingga kini masih banyak pedagang bakso yang menambahkan adonan baksonya dengan borak. Alasannya karena ingin bakso yang dibuat dapat awet. Tentu ha ini merugikan konsumen bakso. Nah tentunya kita sebagai pecinta bakso tidak ingin dirugikan oleh oknum pedagang bakso yang menggunakan borak dalam baksonya. Sekarang pertanyaannya bagaimana kita bisa mengetahui bila dalam bakso yang akan kita konsumsi itu bebas dari boraks ?, secara kasat mata kita sulit melihat perbedaan antara bakso yang tidak menggunakan boraks dan menggunakan boraks. Namun sebagai langkah antisipasi kita dapat melihat ciri-ciri bakso yang menggunakn boraks sebagai berikut :

1. Warna
Warna bakso yang menggukan boraks terang kekuningan. Namun dengan begitu ini memerlukan kejelian tinggi untuk bisa membedakannya.

2. Aroma
Aroma bakso yang menggunakan boraks biasanya cenderung berbau bahan kimia pada umumnya.

3. Kekenyalan
Bakso boraks akan memiliki tingkat kekenyalan seperti karet. Selain itu bakso boraks jika dimakan tidak mudah pecah di mulut.

4. Rasa
Rasa bakso yang menggunakan boraks cenderung pahit.

Dari keempat ciri-ciri bakso yang menggunakan boraks diatas semuanya memerlukan kejelian yang tinggi dan waktu. Terkadang sebagai konsumen awam sangat sulit membedakannya terutama bila sudah tercampur didalam kuah bakso. 

Uji Boraks Bakso

ilmuwan muda penemu sibodec
Pada tahun 2014 kemarin telah di temukan cara mudah dan cepat.untuk Uji Boraks Bakso yang dinamakan SIBODEC (Stick Of Borax Detector). Penemuan ini hebatnya ditemukan oleh ilmuwan muda asal Indonesia (artikel lengkapnya bisa di lihat di : Ilmuwan Muda Indonesia Raih 2 Emas di International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014


tusuk gigi dan kunyit

Cara pengujiannya sangat mudah sekali hanya menggunakan tusuk gigi dan kunyit saja.Caranya adalah sebagai berikut :

1. Ambil tusuk gigi lalu tusukkan ke kunyit.
2. Tusuk gigi yang sudah ditusukkan ke kunyit lalu tusukkan ke bakso lalu diamkan selama kurang lebih 5 detik. Setelah itu cabut tusuk giginya.

Setelah itu akan terlihat hasilnya. Bila bakso menggunakan boraks maka warna tusuk gigi akan berubah menjadi merah. Hal ini bisa terjadi karena bahan kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia.

hasil uji boraks

Jadi sekarang saatnya para pecinta bakso ada baiknya untuk terlebih daulu menguji bakso yang akan di konsumsi apakah mengandung bahan boraks atau tidak dengan cara sederhana diatas.



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...